Friday, February 3, 2017

TERLAMBAT BAYAR TAGIHAN KARTU KREDIT? INI ULASAN LENGKAPNYA

TERLAMBAT BAYAR TAGIHAN KARTU KREDIT? INI ULASAN LENGKAPNYA

Terkecuali cost tahunan kartu credit, ada lagi satu cost pada

kartu credit yang sangatlah butuh anda kenali. Cost ini digunakan apabila anda terlambat bayar tagihan kartu credit, serta seringkali dimaksud cost keterlambatan atau late charge fee.

Bilamana cost keterlambatan ini digunakan?
Untuk mendalami ini, katakanlah Dodi punya kartu credit, di mana tagihan kartu creditnya datang setiap tanggal 5 tiap-tiap bulannya. Kebetulan kebijakan kartu creditnya tentang rentang saat buat membayar tagihan yaitu 15 hari, ini bermakna tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu credit Dodi yaitu tanggal 20 tiap-tiap bulannya.

Apabila Dodi membayar tagihannya sebelumnya tanggal 20, jadi akan tidak digunakan cost keterlambatan. Tetapi, apabila Dodi membayar tagihan kartu creditnya melalui tanggal 20, ia bakal digunakan cost keterlambatan.

Beragam keadaan dalam permasalahan keterlambatan pembayaran
Tentang permasalahan keterlambatan pembayaran, terdapat banyak keadaan yang dapat sebabkan seorang dikira terlambat membayar tagihan kartu credit, sebagian keadaan itu seperti di jelaskan berikut ini :

1. Menunda-nunda
Sesederhana itu, lupa. Anda lupa apabila ini waktunya anda membayar tagihan kartu credit. Kita umpamanya saja Dodi yang tagihannya datang tiap-tiap tanggal 5, serta jatuh tempo tanggal 20, ada rentang saat 15 hari buat lakukan pembayaran. Tetapi, lantaran terasa masihlah miliki saat, ia lalu menahan-nahan buat membayar, pada akhirnya yang berlangsung ia jadi lupa serta tahu-tahu tanggal 20 telah lewat. Nah, terkena denda juga pada akhirnya.

2. Membayar tagihan di saat-saat terakhir
Ini dapat nyaris seirama dengan sukai menahan-nahan, yaitu membayar tagihan kartu credit kala telah mepet ke saat jatuh temponya. Padahal, apabila anda kenal, membayar tagihan di saat-saat paling akhir terdapat banyak segi negatifnya.

Ini terkait dengan sistim pembayaran tagihan pada kartu credit. Dalam membayar tagihan kartu credit, ada cara-cara yakni :

a. Transfer

Permasalahan yang biasanya berlangsung, yaitu misalnya pembayaran tagihan kartu credit lewat transfer antar bank. Jika kebetulan kartu credit yang anda punyai yaitu credit card ANZ, sesaat anda cuma punya rekening di bank BCA, anda dapat memanfaatkan transfer lewat clickbca. Pembayaran memanfaatkan sistim transfer umumnya bakal segera diolah, hingga tidak bakal ada kecemasan apabila pembayaran kartu credit anda bakal melalui tanggal jatuh tempo.

Tapi di sebagian bank lain, peluang tidak sama prosesnya, hingga baiknya anda bertanya dengan detail permasalahan ini pada bank penerbit kartu credit anda. Kartu credit Citibank umpamanya, mereka sudah punya relasi dengan sebagian bank lain hingga dapat sediakan sarana Real Time On-line, artinya saat anda membayar dengan transfer lewat ATM BNI, BRI, BCA, BII, Bank Niaga, Permata Bank atau Panin Bank, jadi saldo bakal terupdate sekejap serta anda luput dari keterlambatan pembayaran. Tapi agar lebih aman, tetaplah lebih bijaksana apabila membayar tagihan bukanlah pada saat-saat paling akhir tanggal jatuh tempo ya.

b. Menu Pembayaran Kartu Credit

Umpamanya anda memanfaatkan sarana clickbca buat membayar tagihan kartu credit Citibank, oleh lantaran keduanya yaitu bank yang tidak sama, biasanya pembayaran tagihan kartu credit anda bakal diolah dengan konsumsi saat lebih lama, sampai sekian hari.

Nah, pikirkan apabila Dodi membayar kartu credit kala tanggal jatuh tempo, yaitu kala tanggal 20, dengan sistim pembayaran tagihan yaitu menu 'Pembayaran Kartu Credit' di clickbca. Oleh lantaran sistem oleh bank konsumsi saat sekian hari, semestinya pembayaran tagihan anda bakal dikira lewat tanggal jatuh tempo, walau anda sudah lakukan pembayaran di tanggal 20.

Pada masalah ini, Dodi bakal tetaplah dikenai denda keterlambatan.

c. Lewat bilyet giro/cek

Jika anda membayar tagihan kartu credit anda lewat bilyet giro/cek, sistem pembukuan biasanya tak dapat instan atau segera. Maybank umpamanya, pihaknya memerlukan saat 3 hari buat mengolah pembayaran tagihan kartu credit lewat bilyet/giro, hingga yakinkan 3 hari sebelumnya tanggal jatuh tempo, anda sudah lakukan pembayaran tagihan kartu credit.

d. Tunai

Pembayaran tagihan kartu credit lewat tunai, sanggup dikerjakan dengan datang segera ke loket-loket spesifik, umpamanya kartu credit Citibank sediakan pembayaran kartu credit dengan cara tunai di teller cabang-cabang Paninbank, serta kantor pos. Bakal ada cost buat service ini, serta setiap bank dapat tidak sama besarnya. Diluar itu yang butuh anda cermati, apabila membayar dengan cara tunai, yakinkan sebelumnya tanggal jatuh tempo, dan jauhi peluang bank penuh, tutup maupun libur kala tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu credit.

Baca juga :

Promo Spesial Imlek 2017 dari Bukalapak Hadirkan Potongan harga serta CashbackTerlambat Bayar Tagihan Kartu Credit? Ini Penjelasan Kompletnya | Info Basic Kartu Credit | PilihKartu. com
e. Debet langsung

Pembayaran tagihan kartu credit lewat debet segera yaitu sistim pembayaran automatis. Semisal anda punya kartu credit BCA, serta kebetulan juga punya rekening BCA, jadi anda sanggup memberi instruksi pada bank buat mendebit rekening anda tiap-tiap bulannya pribadi buat pembayaran tagihan kartu credit. Sistem ini umumnya konsumsi saat 1 hari, dapat tidak sama tiap-tiap bank. Oleh maka itu, instruksikan pada bank buat mendebit rekening anda sebelum tanggal jatuh tempo, dan yakinkan rekening anda punya saldo yang cukup.

Nah, macam pembayaran kartu credit bersama info lama pembayaran diatas mestinya cukup memberi argumen supaya anda tdk mepet dalam membayar tagihan kartu credit.

3. Billing statement terlambat diterima
Apabila anda mengatur supaya lembar tagihan kartu credit (billing statement) di terima lewat pos, ada peluang billing statement terlambat untuk hingga ke depan pintu tempat tinggal anda, atau petugas di kantor tempat anda bekerja. Oleh karena itu, coba untuk mengatur supaya billing statement mampu anda terima juga lewat e mail, dengan jaminan lebih cepat di terima.

Bagaimana apabila tanggal jatuh tempo berbarengan dengan hari libur?
Bank BI mengaplikasikan ketentuan apabila tanggal jatuh tempo kebetulan bertepatan dengan hari libur/hari libur nasional, jadi tanggal jatuh tempo bakal digeser ke hari sesudahnya. Biarpun sekian, tambah baik, selekasnya saja dibayar ya tagihannya.

Berapakah besar cost keterlambatan?
Rata-rata besar cost keterlambatan yg digunakan oleh bank pada nasabahnya merupakan 3% dari keseluruhan tagihan, atau optimal 150. 000.

Mulai saat ini, mari jadi nasabah yg cerdas serta lebih bertanggungjawab dalam memakai sarana.

No comments:

Post a Comment